Selasa, 23 April 2013

Meskipun berstatus yatim piatu dan dhu'afa, bukan berarti anak-anak asuh Panti Yatim dan Dhu'afa Darul Inayah tidak punya kesempatan bersaing dalam hal kualitas dengan anak-anak sekolah lain yang lebih berpunya. Tahun ini Panti Yatim dan Dhu'afa Darul Inayah punya kegiatan ekstrakurikuler baru yang cukup populer, yaitu marching band.

kegiatan ekstrakurikuler

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ekstrakurikuler ini tentu saja untuk memfasilitasi minat para santri dan memberikan mereka kesempatan untuk berlatih dan berkarya. Mahalnya peralatan yang harus disediakan tak menjadi beban dan halangan.

Ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dari kegiatan ekstrakurikuler ini, yang belum tentu bisa diperoleh melalui kegiatan belajar di sekolah. Beberapa manfaat penting tersebut diantaranya:
  • Berpartisipasi dalam kegiatan lain setelah sekolah dapat membantu anak menentukan prioritas dan membagi waktu antara pekerjaan rumah, tugas sekolah, dan kegiatan lain di luar rumah. 
  • Jika anak menyukai kegiatan ekstrakurikuler tertentu, misalnya basket, mereka pastinya menyadari bahwa memerlukan komitmen dan kedisiplinan yang kuat untuk menguasainya. Disini mereka akan belajar untuk menentukan tujuan dan lebih disiplin. 
  • Sikap keingin-tahuan anak terhadap hal-hal baru akan mendorong mereka untuk lebih bereksplorasi, mencoba tantangan baru, mendapat teman baru, dan membangun kepercayaan diri. 
  • Diluar kelas biasanya anak akan lebih mudah mengekspresikan sisi emosionalnya. Hal ini akan memberikan kesenangan dari diri si anak yang akan dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanannya. 
  • Berhubungan dengan orang-orang dalam satu klub ekstrakurikuler akan membantu nak mengasah keterampilan kepemimpinan, inisiatif, dan perencanaan. 
  • Jenny Edmonds di Murdoch University School of Psychology mengatakan kegiatan ekstrakurikuler penting untuk sosialisasi. “Anak-anak belajar untuk menguasasi keterampilan formal seperti berhubungan dengan temannya, bermain baik secara individu maupun kerjasama tim. Ini tentunya akan membantu anak menghadapi kehidupan dan menyesuaikan dalam kehidupan orang dewasa nantinya. 
  • Ikut ambil bagian dalam komunitas dapat meningkatkan harga diri anak, kebahagiaan dan mengajarkan anak akan nilai-nilai yang ada dalam komunitas tersebut. Ini penting bagi kesiapan anak pada saat terjun dalam kehidupan bermasyarakat nanti. 
Selain marching band, kegiatan ekstrakurikuler yang sudah cukup lama diikuti oleh para santri adalah Pencak Silat, Judo, Qasidah, Rebana, dan Band Modern.


Semoga dengan diselenggarakannya berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler tersebut, santri Darul Inayah tidak hanya unggul secara akademik, tapi juga mampu berkompetisi di masyarakat dengan berbagai keahlian yang mereka miliki. Amin

0 komentar:

Poskan Komentar